Memuat...

Selasa, 07 Juni 2011

MENGATAASI GIGI YANG SENSITIF


Jika anda merasa ngilu ketika minum kopi hangat, makan es krim, ataupun saat mengkonsumsi makanan ataupun minuman lainnya yang panas ataupun dingin, kemungkinan gigi Anda adalah gigi sensitif. Lebih dari sepertiga orang dewasa mengalami sensitivitas gigi. Penyebab utama gigi sensitif adalah gosok gigi terlalu keras dan kebersihan mulut yang kurang terjaga. Pada kebanyakan kasus, rasa sakit dimulai ketika lapisan email pelindung gigi terkikis dan atau gusi turun, mengekspos akar gigi dan dentin (lapisan bawah yang halus). Akibatnya rasa panas, dingin dan irritant lainnya langsung dipindah ke saraf. Untuk mengatasi rasa sakit, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut ini:


  1. Gunakan alat yang tepat
    Zat kimia di dalam pasta gigi pemutih dapat menyebabkan erosi permukaan gigi. Jadi, gunakan pasta gigi reguler yang mengandung fluoride. Sikat gigi dengan bulu sikat lembut bisa membantu mencegah penurunan dan pengikisan email lebih lanjut.
  2. Gosok gigi dengan benar
    Gosok gigi dengan cara yang benar. Sedapat mungkin langsung gosok gigi Anda bila Anda minum minuman asam seperti soda dan jus jeruk, karena dapat meningkatkan proses erosi. Tunggu sampai 1 jam, lalu gosok gigi.
  3. Makan wortel
    Hal ini baik dilakukan untuk menstimulir saliva yang melindungi gigi dan membantu mengurangi erosi gigi dengan mengencerkan dan menetralisir asam.
  4. Hindari bleaching sedapat mungkin
    Studi-studi menunjukkan bleaching, apakah dengan alat yang bisa digunakan di rumah, atau prosedur yang dilakukan di tempat praktek dokter gigi, umumnya masih dapat merusak email gigi.

aRTIKEL tERKAIT

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya.....

Baca Juga Artikel Ini