Memuat...

Selasa, 07 Juni 2011

Tips untuk Menjadi Wirausahawan / Wirausahawati yang Sukses


Di tengah ketatnya persaingan global sekarang ini, banyak lulusan-lulusan perguruan tinggi terkenal masih berbondong-bondong mencari pekerjaan. Setiap ada bursa tenaga kerja, iklan lowongan pekerjaan di surat kabar ataupun internet, banyak sekali orang yang berminat. Ditambah lagi dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang tiada habisnya. Semua itu membuat lapangan pekerjaan yang ada semakin bertambah sempit. Padahal mengapa Anda harus berdesak-desakan mengikuti arus seperti itu? Mengapa tidak terpikir untuk berwiraswasta? Bukankah jalan untuk mencapai keamanan finansial tidak melulu harus bekerja di perusahaan besar, duduk di kantor yang ber-AC dengan memakai jas atau blazer? Tidakkah Anda ingin memiliki kemapanan finansial tersendiri dengan menjadi bos bagi diri Anda sendiri? Bayangkan fleksibilitas waktu yang akan Anda dapatkan. Namun untuk mencapai semua impian itu memang tidaklah mudah. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin menekuni usaha berwiraswasta:
  1. Mulailah bermimpi tentang bisnis yang ingin Anda miliki
    Jangan menganggap remeh impian Anda. Mimpi ini penting karena impian ini akan menjadi pembimbing tentang apa yang harus Anda lakukan.
  2. Modal nekat dan berani untuk mencoba
    Tak usah gentar untuk mewujudkan impian Anda. Tidak usah memikirkan terlalu banyak pertimbangan. Bahkan kadang orang-orang terdekat Andalah yang seringkali menjadi penghalang Anda untuk maju. Terlalu lama berpikir-pikir bisa membikin rencana usaha yang Anda inginkan gagal dimulai. Tapi tentu saja jangan asal bertindak. Wujudkanlah dengan bijaksana perencanaan yang Anda ambil.
  3. Manfaatkan sekaligus perluas jejaring untuk mencapai cita-cita
    Jangan malu untuk bertanya dan membuka kesempatan untuk bertemu dan belajar pada orang lain. Siapa tahu mereka bisa menjadi pembuka jalan untuk kesuksesan bisnis Anda. Berkacalah dari pengalaman mereka. Lakukan analisa tentang pemasaran. Perbanyak relasi Anda, karena dengan dukungan jaringan pemasaran yang apik, promosi produk ataupun jasa yang dikelola akan lebih mudah. Lakukan pemasaran yang proaktif untuk dapat menambah relasi dan jaringan pemasaran yang luas.
  4. Cari informasi sebanyak mungkin tentang berbagai hal yang berhubungan dengan rencana bisnis Anda.
    Informasi ini bisa Anda kumpulkan lewat berbagai media. Internet, seminar bisnis, ataupun media surat kabar maupun televisi bisa menjadi sumber informasi yang berguna untuk masukan Anda. Ide-ide baru bisa Anda dapatkan disini.
  5. Rekrut mereka yang mempunyai visi dan misi yang sama tetapi dengan keahlian yang berbeda.
    Penting untuk membentuk tim yang solid dengan visi dan misi yang sama. Keahlian yang berbeda dari tiap orang yang terlibat di dalamnya akan membuat anggota tim yang ada dapat saling melengkapi. Masing-masing menghargai keahlian orang lain.
  6. Jangan mudah menyerah
    Usaha yang sukses pasti memerlukan waktu. Jangan cepat menyerah bila datang halangan atau rintangan. Bangkitlah selalu. Cobalah untuk berjuang mengatasi kendala-kendala yang ada. Yakinlah bahwa kegagalan adalah proses untuk menuju kesuksesan!
  7. Rajin bekerja keras
    Bekerja keras dengan rajin akan mendatangkan kesuksesan. Giatlah jika Anda sudah memulai suatu usaha, jangan setengah-setengah. Sustainable action atau aksi yang terus menerus tanpa henti dibutuhkan untuk meraih keamanan finansial yang diimpikan. Berpikir cerdas dan bekerja keras dengan produktif akan membuat Anda bisa mewujudkan mimpi-mimpi bisnis. Usaha yang Anda kembangkan akan bisa berkembang lebih besar dan sukses.
  8. Sabar
    Apapun yang sudah Anda usahakan pasti akan berbuah bila Anda menjalankan usaha dengan serius dan tekun. Dengan kesabaran yang ada niscaya usaha Anda akan menjadi maju dan sukses.Bertahanlah dengan komitmen yang sudah Anda buat.
  9. Berani tampil beda
    Dengan tampil beda berarti produk atau jasa Anda akan mempunyai keunggulan atau kelebihan yang tidak ada pada produk atau jasa lain yang sejenis. Kunci ‘tampil beda’ dalam mengelola bisnis baru diharapkan mampu menjadikan produk atau jasa yang Anda tawarkan menjadi punya nilai tambah yang dicari oleh konsumen. Dengan menerapkan strategi ‘tampil beda’ pada bidang usaha Anda, bisnis Anda bisa mempunyai “niche market” tersendiri di pasar konsumen yang semakin ketat persaingannya.

Dengan mempraktekkan tips-tips di atas, diharapkan Anda akan dapat mencapai kebebasan finansial yang Anda inginkan. Semoga Anda dapat menjadi wirausahawan/wirausahawati yang sukses.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya.....

Baca Juga Artikel Ini