Kamis, 17 Maret 2011

Cara Mematikan Autorun Di Windows XP

Setelah membaca petuah dari sang master, saya iseng-iseng mencoba mempraktekkan. Petuah-petuahnya memang sepintas mudah namun cukup susah ternyata. Yang terasa paling susah adalah bagian “Mematikan Autorun“, itu loh, mematikan fitur yang membuat flashdisk (Atau barang-barang lain bermoncong USB  ) yang barusan dicolokken ke komputer otomatis dibaca (dan dieksekusi mungkin). Konon lewat autorun inilah virus bisa mereplikasi upline-nya dan menyebar.

Setelah ubek-ubek, ternyata pada Windows Xp tidak ada fitur mematikan autorun yang bisa langsung kita pakai. Untuk mematikannya ada 2 (dua) cara yang lazim ditempuh yaitu:
Mengedit Registry
Merubah setting pada group policy


Mengedit registry bisa dilakukan dengan 2 cara juga. Pertama dengan secara langsung mengedit menggunakan “regedit” (mengetikkan “regedit” pada Start Menu>Run) lalu mengubah address yang dimaksud. Kedua, bisa dilakukan dengan membuat file (memakai notepad) dan men-save dengan akhiran “.reg”.  Adapun alamat registry yang perlu kita ubah atau masukkan nilainya adalah

HKEY_CURRENT_USER>Software>Microsoft>Windows>CurrentVersion>Policies>Explorer

Setelah mengklik bagian “Explorer” pada layar sebelah kiri, maka carilah bagian “NoDriveTypeAutoRun“. Ubahlah nilainya sesuai kebutuhan. Untuk mendisable  autorun pada USB, cukup masukkan angka “95″. Kalau ingin mematikan autorun pada CD-ROM juga, masukkan “b5″.

Pusing liat registry yang njelimet? tenang saja, ada cara lain yang agak lebih sederhana. Bukalah group policy dengan mengetikkan “gpedit.msc” pada Start Menu>Run. Bukalah bagian “Administrative Templates>System” pada bagian “Computer Configuration” di sebelah kiri. Pada layar sebelah kanan cari dan dobel klik “Turn Off Autoplay“. Pilih “Enabled” dan pastikan opsi dibawahnya dirubah menjadi “All Drive“.

Yah, kedua cara ada untung ruginya masing-masing tergantung selera, silakan pilih saja mana yang lebih cocok.

Btw, cara-cara diatas diterjemahkan semau hati dari sini dan sudah diuji.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya.....