Rabu, 16 Maret 2011

Agar Batrray Tahan Lama

Baterei Laptop Tahan Lama dengan Aplikasi Battery Care 0.9.7.11

imageBaterei laptop merupakan nyawa dari kehidupan sebuah laptop. Komponen yang satu ini sering kali membuat masalah seperti umur yang sangat singkat, cepat rusak, atau gampang nge-drop. Agar sobat ingin baterei laptop dapat berfungsi secara optimal dan dapat digunakan dengan nyaman ketika hotspotan di kampus, mungkin tips dibawah ini patut dicoba.



Salah satu aplikasi yang dapat merawat dan memaksimalkan kemampuan baterei laptop adalah BatteryCare 0.9.7.11. Aplikasi ini mempunyai kemampuan meningkatkan umur pemakaian baterei sekaligus dapat memonitor siklus discharge baterei.

ceki dooootttttttt,,,,,,


Langsung saja, inilah cara settingnya:
1. Download software gratis BatteryCare 0.9.7.11 disini, lalu instal.

2. Setelah selesai diinstal, maka akan tampil system tray pada taskbar yang menunjukkan informasi sisa baterei, sisa durasi pemakai baterei, discharge rate, suhu CPU dan HDD, dan tipe plan power (high performance, balance, atau power saver).
image

3. Double klik icon BatteryCare pada system tray taskbar, dan klik setting.
image

4. Pilih tab Power Plans, centang Automatically select Power Plans, lalu pada bagian On Battery dan Plugged in, pilih power plan sesuai dengan yang sudah sobat tentukan di Control Panel Windows dan klik Accept. Power plan yang saya gunakan pada saat menggunakan baterei adalah power saver, karena daya tahan baterei menjadi prioritas saya. Kemudian kalo menggunakan colokan, yang saya suka High Performance karena tidak lagi mempermasalahkan daya tahan baterei tetapi yang lebih penting adalah performa.
image

5. Pindah ke tab Advanced yang merupakan fitur utama yang dimiliki BatteryCare. Fitur tersebut dapat memberitahukan kapan sobat harus melakukan kalibrasi (pengosongan baterai secara penuh). Saat nilai siklusnya terpenuhi, kalibrasi harus dilakukan untuk daya tahan umur baterai. Nilai default-nya adalah 30.
image

6. Untuk melihat kondisi (daya tahan atau kapasitas) yang dimiliki baterei laptop sobat, dapat dilihat di Detail Information. Baterailaptop sobat bisa terlihat apakah sudah mengalami degradasi atau belum. Hal ini ditunjukkan dengan informasi nilai Total Capacity yang sudah tidak sama lagi dengan Designed Capacity.
image

7. Untuk merawat dan memperpanjang umur baterei sobat, dapat dilakukan proses kalibrasi setiap 30 kali discharge. Discharge adalah proses pengisian baterei. Jadi setiap 30 kali pengisian baterei, maka perlu dilakukan pengosongan dan pengisian kembali. Untuk mengetahui discharge level pada laptop, dapat menggunakan BatteryCare pada Basic Information.
image

Cara untuk kalibrasi batterei akan dibahas pada artikel selanjutnya. Demikian penjelasan tentang Baterei Tahan Lama dengan Aplikasi Battery Care. Ditunggu komentar-komentarnya.
Semoga bermanfaat......

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya.....