Dasar Klasifikasi
Ilmu komputer adalah disiplin ilmu yang melingkupi cabang ilmu yang cukup luas, dari masalah teori-teori dasar sampai teknologi aplikasi. Pengklasifikasian Ilmu Komputer biasanya merefer ke Matriks Dennings, yaitu salah satu matriks penggolongan Ilmu Komputer yang diciptakan oleh Peter J. Dennings.
Klasifikasi ini mengalami beberapa perbaikan, dimana versi terakhir adalah versi tahun 1999. Dalam versi terakhir ini ilmu komputer terbagi dalam 12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang). 12 subbidang Ilmu Komputer ini adalah:
Algoritma dan Struktur Data
Bahasa Pemrograman
Arsitektur
Sistem Operasi dan Jaringan
Software Engineering
Database dan Sistim Retrieval Informasi
Artificial Intelligence dan Robotik
Grafik
Human Computer Interaction
Ilmu Komputasi
Organizational Informatics
BioInformatik
Dennings memberi catatan khusus untuk bidang BioInformatik sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara Ilmu Komputer dan Biologi, dan saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan.
Kemudian seiring dengan peningkatan ilmu dan teknologi, Dennings menggambarkan paradigma bidang-bidang tersebut, yang direfleksikan dalam tiga hal yakni Teori , Abstraksi, dan Desain.
Teori:
adalah berlandaskan pada pendekatan matematika, dimana untuk mendapatkan suatu teori yang valid, harus melalui proses-proses sbb:
1. pendefinisian (definition)
2. pembuatan teorema (theorema)
3. pembuktian (proof)
4. penginterpretasian hasil (interpret result)
Abstraksi:
dapat juga disebut pemodelan (modeling), adalah berlandaskan pada metode eksperimen ilmiah, dimana dalam melakukan invesitigasi terhadap suatu fenomena, harus melalui proses-proses sbb:
1. membentuk hipotesa (form a hypothesis)
2. membuat suatu model dan melakukan prediksi (construct a model and make a predition)
3. mendesain eksperimen dan mengumpulkan data (design an experiment and collect data)
4. menganalisa hasil (analyze hasil)
Desain:
adalah berlandaskan pada pendekatann engineering (teknik), dimana pada saat mendesain sebuah sistem atau device untuk memecahkan masalah, harus melalui proses-proses sbb:
1. menyatakan requirement (state requirements),
2. menyatakan spesifikasi (state specifications)
3. melakukan desain dan implementasi sistem (design and implement the system)
4. melakukan pengetesan terhadap sistem (test the system)
Dari penjelasan diatas, bisa kita pahami bahwa yang bergerak dalam masalah penelitian ilmu komputer akan banyak berhubungan dengan dua kategori pertama (Teori dan Abstraksi). Sedangkan yang bergerak dalam masalah yang lebih teknis dengan memakai pendekatan engineering, akan lebih banyak berkecimpung dalam ruang lingkup dua kategori terakhir (Abstraksi dan Desain).
Klasifikasi Ilmu Komputer
=================================
== Algoritma dan Struktur Data ==
=================================
=>Teori
Teori Komputabilitas
Teori Komputasi Kompleks
Komputasi Paralel
Teori Graf
Kriptografi
Algoritma dan Teori Probabilistik
=>Abstraksi
Algoritma Paralel dan Terdistribusi
Algoritma Efisien dan Optimal
=>Desain
Program Aplikasi
========================
== Bahasa Pemrograman ==
========================
=>Teori
Bahasa Formal dan Automata
Turing Machines
Formal Semantics
=>Abstraksi
BNF
Metode Parsing, Compiling, Interpretation
=>Desain
Bahasa Pemrograman
Translator, Kompiler, Interpreter
================
== Arsitektur ==
================
=>Teori
Aljabar Boolean
Teori Coding
Teori Switching
Teori Finite State Machine
=>Abstraksi
Arsitektur Neumann
Hardware Reliability
Finite State Machine
=>Desain
Produk Hardware (PC, Superkomputer, Mesin Von Neumann)
Sistem CAD dan Simulasi Logika
Model Sirkuit, Data Path, Struktur Kontrol
=================================
== Sistem Operasi dan Jaringan ==
=================================
=>Teori
Teori Concurrency
Teori Scheduling
Teori Manajemen Memori
=>Abstraksi
Manajemen Memori, Job Scheduling
Model Komputer Terdistribusi
Networking (Protokol, Naming, dsb)
=>Desain
Produk OS (UNIX, Windows, Mach, dsb)
File dan File Sistem
Pustaka untuk Utilities (Editor, Formatter, Linker, dsb)
============================
== Software Engineering ==
============================
=>Teori
Teori Concurrency
Teori Scheduling
Teori Manajemen Memori
=>Abstraksi
Manajemen Memori, Job Scheduling
Model Komputer Terdistribusi
Networking (Protokol, Naming, dsb)
=>Desain
Produk OS (UNIX, Windows, Mach, dsb)
File dan File Sistem
Pustaka untuk Utilities (Editor, Formatter, Linker, dsb)
===============================================
== Database dan Sistim Retrieval Informasi ==
===============================================
=>Teori
Relational Aljabar dan Kalkulus
Teori Dependency
Teori Concurrency
Performance Analysis
Sorting dan Searching
Statistical Inference
=>Abstraksi
Data Model
Skema Database
Representasi File untuk Retrieval
=>Desain
Teknik Pendesainan Database (Relational, Hierarchical, Network, dsb)
Teknik Pendesainan Database Sistem (Ingres, Dbase, Oracle, dsb)
Hypertext System
===========================================
== Artificial Intelligence dan Robotik ==
===========================================
=>Teori
Teori Logika
Semantik dan Sintatik Model untuk Natural Language
Conceptual Dependency
Kinematics and Dynamics of Robot Motion
=>Abstraksi
Knowledge Representation
Metode Pencarian Heuristic
Model Reasoning dan Learning
Model Memori Manusia, Autonomous Learning
=>Desain
Logic Programming (Prolog)
Neural Network
Sistem Pakar
Teknik Pendesainan Software untuk Logic Programming
==============
== Grafik ==
==============
=>Teori
Teori Grafik dan Warna
Geometri Dimensi Dua atau Lebih
Teori Chaos
=>Abstraksi
Algoritma Komputer Grafik
Model untuk Virtual Reality
Metode Komputer Grafik
=>Desain
Pustaka untuk Grafik
Grafik Standar
Image Enhacement System
==================================
== Human Computer Interaction ==
==================================
=>Teori
Risk Analysis
Cognitive Psychology
=>Abstraksi
Pattern Recognition
Sistem CAD
=>Desain
Flight Simulation
Usability Engineering
======================
== Ilmu Komputasi ==
======================
=>Teori
Number Theory
Binary Representation
Teori Quantum
=>Abstraksi
Discrete Approximations
Fast Fourier Transform and Poisson Solvers
Backward Error Propagation
Finite Element Models
=>Desain
Pustaka dan Paket untuk Tool Penelitian (Chem, Macsyma, Mathematica, Maple, Reduce, dsb)
==================================
== Organizational Informatics ==
==================================
=>Teori
Organizational Science
Decision Sciences
Organizational Dynamics
=>Abstraksi
Model dan Simulasi berhubungan dengan organizational informatics
=>Desain
Management Information Systems
Decision Support Systems
=====================
== BioInformatik ==
=====================
=>Teori
Teori Komputasi
Ilmu Biologi
Medicine
=>Abstraksi
Model Komputasi DNA Kimia
Protipe Retina dari Silikon
Model Database Genom Manusia
=>Desain
Organic Memory Devices
Proyek Database Genom Manusia
Analisa Komputer Terhadap Struktur Enzim untuk Kesehatan
ACM Computing Classification System (CCS)
Association for Computing Machinary (ACM) sebagai asosiasi ilmiah bidang komputer tertua di dunia juga menyusun sistem klasifikasi untuk bidang komputasi (computing), yang terkenal dengan sebutan ACM Computing Classification System (CSS). ACM Computing Classification System terbagi menjadi tiga level, dimana sistem penyusunannya mirip dengan Dewey Decimal Classification System (DCC) yang saat ini digunakan sebagai standar penyusunan katalog buku di perpustakaan-perpustakaan. Sistem Klasifikasi ini terbagi menjadi tiga besar, berdasarkan tahun dikeluarkannya. Klasifikasi selengkapnya adalah seperti dibawah.
1. Sistem Klasifikasi 1998
2. Sistem Klasifikasi 1991
3. Sistem Klasifikasi 1964
Sumber :
http://www.id-wikipedia.com
http://www.ilmukomputer.com
Ilmu komputer adalah disiplin ilmu yang melingkupi cabang ilmu yang cukup luas, dari masalah teori-teori dasar sampai teknologi aplikasi. Pengklasifikasian Ilmu Komputer biasanya merefer ke Matriks Dennings, yaitu salah satu matriks penggolongan Ilmu Komputer yang diciptakan oleh Peter J. Dennings.
Klasifikasi ini mengalami beberapa perbaikan, dimana versi terakhir adalah versi tahun 1999. Dalam versi terakhir ini ilmu komputer terbagi dalam 12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang). 12 subbidang Ilmu Komputer ini adalah:
Algoritma dan Struktur Data
Bahasa Pemrograman
Arsitektur
Sistem Operasi dan Jaringan
Software Engineering
Database dan Sistim Retrieval Informasi
Artificial Intelligence dan Robotik
Grafik
Human Computer Interaction
Ilmu Komputasi
Organizational Informatics
BioInformatik
Dennings memberi catatan khusus untuk bidang BioInformatik sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara Ilmu Komputer dan Biologi, dan saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan.
Kemudian seiring dengan peningkatan ilmu dan teknologi, Dennings menggambarkan paradigma bidang-bidang tersebut, yang direfleksikan dalam tiga hal yakni Teori , Abstraksi, dan Desain.
Teori:
adalah berlandaskan pada pendekatan matematika, dimana untuk mendapatkan suatu teori yang valid, harus melalui proses-proses sbb:
1. pendefinisian (definition)
2. pembuatan teorema (theorema)
3. pembuktian (proof)
4. penginterpretasian hasil (interpret result)
Abstraksi:
dapat juga disebut pemodelan (modeling), adalah berlandaskan pada metode eksperimen ilmiah, dimana dalam melakukan invesitigasi terhadap suatu fenomena, harus melalui proses-proses sbb:
1. membentuk hipotesa (form a hypothesis)
2. membuat suatu model dan melakukan prediksi (construct a model and make a predition)
3. mendesain eksperimen dan mengumpulkan data (design an experiment and collect data)
4. menganalisa hasil (analyze hasil)
Desain:
adalah berlandaskan pada pendekatann engineering (teknik), dimana pada saat mendesain sebuah sistem atau device untuk memecahkan masalah, harus melalui proses-proses sbb:
1. menyatakan requirement (state requirements),
2. menyatakan spesifikasi (state specifications)
3. melakukan desain dan implementasi sistem (design and implement the system)
4. melakukan pengetesan terhadap sistem (test the system)
Dari penjelasan diatas, bisa kita pahami bahwa yang bergerak dalam masalah penelitian ilmu komputer akan banyak berhubungan dengan dua kategori pertama (Teori dan Abstraksi). Sedangkan yang bergerak dalam masalah yang lebih teknis dengan memakai pendekatan engineering, akan lebih banyak berkecimpung dalam ruang lingkup dua kategori terakhir (Abstraksi dan Desain).
Klasifikasi Ilmu Komputer
=================================
== Algoritma dan Struktur Data ==
=================================
=>Teori
Teori Komputabilitas
Teori Komputasi Kompleks
Komputasi Paralel
Teori Graf
Kriptografi
Algoritma dan Teori Probabilistik
=>Abstraksi
Algoritma Paralel dan Terdistribusi
Algoritma Efisien dan Optimal
=>Desain
Program Aplikasi
========================
== Bahasa Pemrograman ==
========================
=>Teori
Bahasa Formal dan Automata
Turing Machines
Formal Semantics
=>Abstraksi
BNF
Metode Parsing, Compiling, Interpretation
=>Desain
Bahasa Pemrograman
Translator, Kompiler, Interpreter
================
== Arsitektur ==
================
=>Teori
Aljabar Boolean
Teori Coding
Teori Switching
Teori Finite State Machine
=>Abstraksi
Arsitektur Neumann
Hardware Reliability
Finite State Machine
=>Desain
Produk Hardware (PC, Superkomputer, Mesin Von Neumann)
Sistem CAD dan Simulasi Logika
Model Sirkuit, Data Path, Struktur Kontrol
=================================
== Sistem Operasi dan Jaringan ==
=================================
=>Teori
Teori Concurrency
Teori Scheduling
Teori Manajemen Memori
=>Abstraksi
Manajemen Memori, Job Scheduling
Model Komputer Terdistribusi
Networking (Protokol, Naming, dsb)
=>Desain
Produk OS (UNIX, Windows, Mach, dsb)
File dan File Sistem
Pustaka untuk Utilities (Editor, Formatter, Linker, dsb)
============================
== Software Engineering ==
============================
=>Teori
Teori Concurrency
Teori Scheduling
Teori Manajemen Memori
=>Abstraksi
Manajemen Memori, Job Scheduling
Model Komputer Terdistribusi
Networking (Protokol, Naming, dsb)
=>Desain
Produk OS (UNIX, Windows, Mach, dsb)
File dan File Sistem
Pustaka untuk Utilities (Editor, Formatter, Linker, dsb)
===============================================
== Database dan Sistim Retrieval Informasi ==
===============================================
=>Teori
Relational Aljabar dan Kalkulus
Teori Dependency
Teori Concurrency
Performance Analysis
Sorting dan Searching
Statistical Inference
=>Abstraksi
Data Model
Skema Database
Representasi File untuk Retrieval
=>Desain
Teknik Pendesainan Database (Relational, Hierarchical, Network, dsb)
Teknik Pendesainan Database Sistem (Ingres, Dbase, Oracle, dsb)
Hypertext System
===========================================
== Artificial Intelligence dan Robotik ==
===========================================
=>Teori
Teori Logika
Semantik dan Sintatik Model untuk Natural Language
Conceptual Dependency
Kinematics and Dynamics of Robot Motion
=>Abstraksi
Knowledge Representation
Metode Pencarian Heuristic
Model Reasoning dan Learning
Model Memori Manusia, Autonomous Learning
=>Desain
Logic Programming (Prolog)
Neural Network
Sistem Pakar
Teknik Pendesainan Software untuk Logic Programming
==============
== Grafik ==
==============
=>Teori
Teori Grafik dan Warna
Geometri Dimensi Dua atau Lebih
Teori Chaos
=>Abstraksi
Algoritma Komputer Grafik
Model untuk Virtual Reality
Metode Komputer Grafik
=>Desain
Pustaka untuk Grafik
Grafik Standar
Image Enhacement System
==================================
== Human Computer Interaction ==
==================================
=>Teori
Risk Analysis
Cognitive Psychology
=>Abstraksi
Pattern Recognition
Sistem CAD
=>Desain
Flight Simulation
Usability Engineering
======================
== Ilmu Komputasi ==
======================
=>Teori
Number Theory
Binary Representation
Teori Quantum
=>Abstraksi
Discrete Approximations
Fast Fourier Transform and Poisson Solvers
Backward Error Propagation
Finite Element Models
=>Desain
Pustaka dan Paket untuk Tool Penelitian (Chem, Macsyma, Mathematica, Maple, Reduce, dsb)
==================================
== Organizational Informatics ==
==================================
=>Teori
Organizational Science
Decision Sciences
Organizational Dynamics
=>Abstraksi
Model dan Simulasi berhubungan dengan organizational informatics
=>Desain
Management Information Systems
Decision Support Systems
=====================
== BioInformatik ==
=====================
=>Teori
Teori Komputasi
Ilmu Biologi
Medicine
=>Abstraksi
Model Komputasi DNA Kimia
Protipe Retina dari Silikon
Model Database Genom Manusia
=>Desain
Organic Memory Devices
Proyek Database Genom Manusia
Analisa Komputer Terhadap Struktur Enzim untuk Kesehatan
ACM Computing Classification System (CCS)
Association for Computing Machinary (ACM) sebagai asosiasi ilmiah bidang komputer tertua di dunia juga menyusun sistem klasifikasi untuk bidang komputasi (computing), yang terkenal dengan sebutan ACM Computing Classification System (CSS). ACM Computing Classification System terbagi menjadi tiga level, dimana sistem penyusunannya mirip dengan Dewey Decimal Classification System (DCC) yang saat ini digunakan sebagai standar penyusunan katalog buku di perpustakaan-perpustakaan. Sistem Klasifikasi ini terbagi menjadi tiga besar, berdasarkan tahun dikeluarkannya. Klasifikasi selengkapnya adalah seperti dibawah.
1. Sistem Klasifikasi 1998
2. Sistem Klasifikasi 1991
3. Sistem Klasifikasi 1964
Sumber :
http://www.id-wikipedia.com
http://www.ilmukomputer.com
0 komentar:
Posting Komentar
Jangan lupa komentarnya.....