Memuat...

Sabtu, 06 Oktober 2012

Brend Scuhuster: Malaikat Si Rambut Pirang


Blond angel atau malaikat rambut pirang dalah julukan untuk legenda Real Madrid yang bernama Bernd Schuster. Julukan tersebut diberikan karena kedatangannya ke Madrid mirip malaikat penolong.

Sejatinya, sebelum membela Madrid, Schuster adalah pemain bintang Barcelona. Libero asal Jerman ini memperkuat La Blaugrana dari 1980-1988. Karena kontraknya tidak diperpanjang, pada 1988 dia hijrah ke Santiago Bernabeu.


Saat datang ke Bernabeu, Madrid berstatus juara Liga Spanyol musim sebelumnya. Tapi kala itu, pelatih Madrid yakni John Toshack menilai bahwa timnya perlu tambahan amunisi agar bisa mempertahankan gelar. Menilik persaingan di Spanyol yang kian tajam, kata Toshack, Madrid butuh tambahan seorang gelandang jangkar yang punya kecepatan dan suka bermain ngotot.

Semua kebutuhan itu ada pada Schuster. Meski sudah berumur 29 tahun, kecepatan dan kengototannya masih prima. Dia bisa dimainkan sebagai jangkar ataupun libero yang merupakan posisi favoritnya.

Penilaian Toshack terbukti jitu. keghadiran Schuster membuat lini tengah Madrid makin solid. Pada musim pertamanya, yakni 1988-89, Schuster sukses membawa Los Blancos meraih gelar ganda, yakni Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Pada musim keduanya, lagi-lagi Schuster juga berhasil mempersembahkan gelar. Sayang, usai mempersembahkan gelar kedu atau pada 1990, Schuster pindah ke Atletico Madrid. (yoyok)

Karier di Madrid: 1988-1990
Prestasi di Madrid:
Liga BBVA: 2 (1988-89, 1989-90)
Copa del Rey: 1 (1989-90)

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya.....

Baca Juga Artikel Ini