Memuat...

Jumat, 11 November 2011

Cara mengatasi virus hidden

1. Bagaimanakah cara memunculkan file yang hilang itu kembali?

Sebenarnya ada dua type file hidden yaitu :


  • Hidden file = File hidden biasa
  • Super Hidden file = File yang bisa disetarakan sebagai file system yang mempunyai perlindungan penuh. Ibaratnya file superhidden merupakan document rahasia sebuah perusahaan yang berada di dalam brankas super rahasia dilengkapi sistem keamanan maksimum. Seperti pada kasus kamu yang "file hidden biasa" dirubah virus menjadi "file sistem dengan proteksi pehuh".

  •  Untuk menampilkan file hidden sangatkah gampang tinggal klik tools - folder options - view - hilangkan tanda show hidden files and folders
  • Tapi jika file telah masuk ke taraf super hidden kamu harus menghilangkan tanda centang pada hide protected operating system files [recommended]. caranya via tools - folder options - view - hilangkan tanda centang "hide protected operating system files [recommended]". 
Tapi "KADANG-KADANG" virus sangat suka menghilangkan menu tersebut, tentunya virus telah berhasil mengeksplorasi registry... jika menu tersebut masih ada "bersyukurlah kamu" karena tinggal hilangkan tanda centang, file super hidden bakal nongol lagi dengan sangat mudah. ---> tapi jika menunya hilang? beda ceritanya... harus via registry editor caranya cukup rumit..

SETELAH FILE SUPER HIDDEN NONGOL LAGI.. biasanya file tersebut jika di klik kanan - properties maka opsi hidden tidak bisa diubah (sesuai ciri-ciri superhidden) untuk menampilkanya lagi bisa dilakukan dengan langkah berikut :

1. Buka Command prompt (klik start - run - cmd)

2. Lokasi file super hidden (berdasarkan partisi/directori) Misalkan D maka ketik D: --> enter

3. kemudian muncul D:\> ketik attrib -s -h /s /d ---> D:\>attrib -s -h /s /d --> enter.

2. Bagaimana cara membasmi virus komputer bandel ini?

Ada begitu banyak cara (dari sederhana, hingga berurusan dengan registry editor) tapi simpelnya begini :

Tentunya siapkan dulu antivirus terupdate, segera scan... biarkan antivirus bekerja jika sudah teridentifikasi jangan segan-segan untuk memindahkan file-file teridentifikasi tersebut ke mode karantina atau virus vault (AVG). karena file tersebut bisa saja hanya file duplikat, file asli kita masih berada dalam dua kemungkinan yaitu 
  • hidden/super hidden --> tinggal gunakan cara diatas. 
  • dihapus 100% oleh virus (jika di show hidden file atau perintah command cmd tadi tidak bisa memunculkan kembali file) berarti file virus telah resmi menghapus file-file punyamu. Solusinya tinggal gunakan software restore file seperti free undelete (freeware), recuva dll atau jika kamu punya TuneUp utilities kamu bisa menggunakan fitur TuneUp undelete untuk memunculkan file yang telah terhapus.

Jika memang file asli kamu hanya dihidden atau dihapus, berarti hapus saja semua file (duplikat virus) di karantina mode.. Jangan lupa antivirus harus rutin diupdate...

Good luck.
salam 

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya.....

Baca Juga Artikel Ini