Memuat...

Minggu, 19 Juni 2011

KEBUTUHAN AIR MINUM, Kebutuhan Air Bersih PER ORANG PER HARI

Apakah MINUM AIR itu PENTING?



Pasti semua orang menjawab PENTING..!! Bahkan ada yang menjawab… “kebutuhan yang tidak bisa ditunda”.
Kemudian partanyaan selanjutnya, BERAPA BANYAK KITA MINUM AIR?

Tentunya maksud dari pertanyaan ini bukan minum air sirup, air teh, air soda (coca-cola, fanta, sprite, dll.). Tapi yang dimaksud air dalam tulisan ini adalah AIR PUTIH. Nah, sebelum kita menghitung berapa banyak kita minum dalam satu hari, kita perlu mengetahui bahwa 2/3 tubuh kita berisi cairan yang tersebar di seluruh organ tubuh kita. Sebagai contoh:
  • Darah, mengandung 92% air. Jadi kalau kita tiap harinya kurang sekali minum air, darah kita akan kental (beresiko terkena serangan stroke).
  • Tulang, mengandung 25% air. Sekeras apapun tulang kita, tetap saja mengandung 25% air.
  • Sel Otak, mengandung 85% air. Akibatnya, jika kita kurang minum, kita akan sering merasa pusing/sakit kepala.
  • Otot, mengandung 75% air. Jadi bagaimana tubuh kita akan berotot kalau kita latihan beban tiap hari sementara air yang kita minum sangat sedikit.
Apa FUNGSI AIR dalam TUBUH?
  • Mengantarkan makanan & oksigen ke sel.
  • Membantu ginjal dalam membuang racun & kotoran.
  • Membantu menyeimbangkan tekanan darah.
  • Melembabkan mata, mulut & saluran pernafasan.
  • Menormalkan suhu tubuh yang panas atau dingin.
  • Pelumas tubuh (darah, keringat, air mata, air liur).
Dari beberapa point tersebut, kita akan semakin sadar bahwa fungsi air benar-benar sangat penting. Kemudian pertanyaan selanjutnya,
Bagaimana Kalau Kita MINUM CUKUP AIR?
  • MENINGKATKAN KESEHATAN TUBUH secara umum. Misalnya, volume darah dalam tubuh kita akan stabil. Artinya kita akan dengan mudah mendapatkan energi dari makanan yang telah kita konsumsi. Selain itu, dengan minum cukup air, metabolosme tubuh akan tinggi sehingga meningkatkan jumlah kalori yang dibakar selama kita beraktivitas. Jadi penting sekali kita minum air sebelum, pada saat dan setelah olahraga. Manfaat lain kalau kita cukup minum air adalah membantu membuang kelebihan sodium yang ada dalam tubuh kita. Biasanya kelebihan sodium ditandai dengan otot yg tidak padat (tidak terbentuk). Biasanya mudah kita dapatkan di lengan atas, perut, pinggul, paha bagian dalam, dll. Artinya, dengan minum cukup air, kita akan terbantu dalam menurunkan berat badan. Manfaat lain adalah kita terhindar sakit perut (perut perih) pada saat kita sedang harus mengkonsumsi obat antibiotik.
  • MELINDUNGI TUBUH dari berbagai PENYAKIT. Misalnya penyakit: flu/demam, konstipasi, infeksi saluran kencing, batu ginjal dan terparah adalah kanker prostat.
  • MEMPERCANTIK KULIT TUBUH. Kulit kita akan terasa lebih halus, lembut, kenyal dan tidak mudah berkerut. Jadi tidak ada lagi alasan menggunakan body lotion hanya karena kulit kita kering.
Bagaimana jika kita DEHIDRASI?
Ini merupakan suatu keadaan yang sangat serius. Mengapa?
Karena 1% saja tubuh kita kekurangan air, kita akan merasa sangat kehausan.Kemudian kalau kita tahan-tahan sehingga tubuh kita kekurangan air hingga 5% dari batas normal, suhu tubuh kita akan meningkat. Hal ini sering terjadi pada anak-anak sekolah yang tidak pernah membawa air minum ke sekolahnya. Orang tua biasanya langsung memberi obat penurun panas ketika didapati suhu badan anaknya panas pada saat pulang sekolah. Padahal biasanya anak tersebut dehidrasi. Jadi sebenarnya kita perlu memberinya banyak minum dan istirahat.
Jika tubuh kita kekurangan air 10% dari batas normal, kita akan depresi (marah-marah, mudah emosi). Bahkan pada orang tertentu bisa berakibat lemas dan tidak bisa jalan.
Akibat lain jika kita kekurangan air adalah kita menjadi sering sakit kepala, sakit pinggang, rematik, alergi (gatal-gatal) atau mungkin mudah lupa.
Berapa BANYAK kita sebaiknya Minum Air?
Rumusnya adalah Berat Badan (BB)/30. Jadi kalau berat badan kita 60kg, maka kebutuhan minimum air bagi tubuh kita per hari adalah 2 liter. Dan apabila kita tiap hari minum kopi atau teh atau soda, maka kita perlu minum lebih banyak lagi, karena kafein yang terdapat pada kopi, thanin yang terdapat pada teh, dan soda memiliki sifat menarik cairan yang ada dalam tubuh dan dibuang pada saat kita kencing.
Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya.....

Baca Juga Artikel Ini