Sabtu, 04 Juni 2011

Atasi VGA Rendah

Bete dengan VGA yang sudah uzur?
Minder di bilang VGA-mu "cupu" ama temen-temen kalain?
Sedih melihat komputer sendiri hanya bisa maen flash game dan tetris saja?
Jangan berkecil hati dulu karena setelah melihat ulasan ini mata kalian akan terbuka lagi dan siap untuk ngegame lagi. Ya walopun VGA kalian tidak memungkinkan tapi disini ada solusinya.



3D-Analyze: what's it?

3DAnalyze merupakan aplikasi ampuh untuk memainkan game-game anyar dengan menggunakan VGA jadul kalian.Kenapa bisa demikian???? Tentu saja bisa karena sifat software ini adalah melakukan emulasi pada VGA jadul kalian sehingga bisa mendukung DirectX teranyar, tentunya semua tergantung dari game yang kalian mainkan. Tapi sebelumnya kita lihat perbedaan karakter dari tiap DIrectX itu sendiri, karena beda DirectX beda pula seting penggunaan untuk VGA kalian nanti.

DirectX 5.0 and 6.0 Compliant Cards
Untuk kategori ini terdiri dari VGA yang di buat antara 1995 sampai 1999. Sebagai contoh semua 3dfx cards, serta VGA dari Intel, SiS dan S3 Graphics.
DirectX 7.0 Compliant Cards
Kategori ini terdiri dari VGA yang di buat antara 1999 sampai 2001. Fitur VGA generasi ini adalah : hardware units untuk melakukan Transform dan Lightning atau biasa kita sebut T&L computation, dan Bump Mapping support. Sebagai contoh VGA-nya adalah Radeon 7000, GeForce, GeForce 2, dan GeForce 4 MX cards.
DirectX 8.0 Compliant Cards
Kategori ini terdiri dari VGA yang di buat antara 2001 sampai 2003: VGA ini mendukung untuk penggunaan pixel dan vertex shader sampai dengan versi 1.3. Contoh : GeForce 3, and GeForce 4.
DirectX 8.1 Compliant Cards
Pada kategori ini termasuk beberapa VGA yang di buat oleh ATI, di buat pada 2001 sampai 2003 dan tentunya dengan mendukung pixel dan vertex shader sampai dengan versi 1.4. Sebagai contoh : Radeon 8500, Radeon 9000, Radeon 9150, Radeon 9250, dan XGI volari v3.
DirectX 9 Compliant Cards
Nah pada kategori ini adalah VGA yang telah banyak beredar hingga sekarang sejak tahun 2003. Fitur generasi VGA ini adalah: kemampuan pixel dan vertex shader dampai dengan versi 2.0. Sebagai contoh adalah seri Radeon 9x00, Radeon Xx00, Radeon X1x00, GeForce 5x00, GeForce 6x00, GeForce 7x00, and XGI Volari V5/V8.

Nah mungkin setelah membaca ulasan di atas kalian akan berpikir ulang untuk tidak membuang VGA lawas kalian tentunya. Tapi sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya???? OK kita lanjutn lagi ya.

3D-Analyze Setup
Setelah kalian mendownload 3D-Analyze dalam format ZIP, lalu kalian extract file tersebut dan lakukan installl dengan meng-klik file bertuliskan 3DAnalyze.exe - nah bagi yang belum memiliki spftware tersebut silahkan download di Free File Hosting & Video Downloads, Free File Sharing, Online Friends Network - Ziddu.






Nah untuk menjalankan software yang telah di install tadi klik pada file yang sama yaitu 3DAnalyze.exe nanti akan muncul jendela seperti yang di bawah ini :




Kemudian lalu klik tombol "SELECT", carilah file executable (*.exe atau *.bat) utamaof dari game yang ingin kalian mainkan. Kalau kalian tidak tahu dimana letak file executable-nya coba klik kanan pada icon game di desktop dan klik "Properties" lalu klik "FIND TARGET".


Emulating lacking hardware feature with 3D-Analyze
Jika fitur VGA kalian tidak sama dengan DirectX based favourite game's minimal system requirements, kalian tinggal membaca readme dari game tersebut dan coba emulasi VGA kalian mendekati spek minimal dari kebutuhan game tersebut. Ikutilah seting utama 3D-Analyze dengan melakukan cek (v) pada menu-menu dibawah ini jika kalian ingin mengemulasi DirectX dari versi pertama.

Konfigurasi Berdasarkan DirectX

DirectX 7.0 check emulate HW TnL caps, emulate cube maps and emulate bump map caps
DirectX 8.0
check emulate other DX8.1 caps,emulate pixel shader caps and skip pixel shader version 1.1
DirectX 8.1
check skip pixel shader version 1.4
DirectX 9.0
check skip pixel shader version 2.0

Perhatikan text box VendorID dan DeviceID karena sangat berguna jika ingin game kalian berjalan dengan sukses, sehingga tidak ada lagi pesan eror VGA unsupported.


Baca juga official Hardware Tranformation and Lightning dari nVidia di Free File Hosting & Video Downloads, Free File Sharing, Online Friends Network - Ziddu

Catatan :
"Filling these fields with values written in group box labeled DirectX Device ID's, it will make your game to use your video card like a different one.""



0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya.....

Ada kesalahan di dalam gadget ini