Senin, 30 Mei 2011

TIPS seputaran Cooling System ( Radiator)


Tips dari om wayan [cwindo] (dengan diedit seperlunya)

Buat RR (rekan-rekan) yang merasa KR (kendaraan)nya kegerahan "normal/Tidak", berikut ini adalah 13 tips yang mesti dicek dan dipastikan. Selamat menyimak dan mempraktekan.


  • Perhatikan seseharian apakah level temp! naek turun begitu drastis, misalnya jika ditol 1/4, ttp jika macet2 1/2, itu menandakan termostat sdh nggak ada alias udeh dicopot.

  • Pertanyaan berikutnya NORMALKAH?, klu mesin lebih sering terdengar knocking/ngegelitik menandakan enginee overheat.....selain itu biasa AC dingin ini nggak dingin dikeramaian macet2.....solusi cek sistemnya.
  • Umumnya bebersih radiator hanya dibuka atasnya saja/sebaliknya tidak keduanya....plak karang bisa dibersihkan dengan merojok2 aliran tetapi penampang yang nggak buka?, begitu selesai bersihkan kemudian mesin panas lagi krn proses pembersihan nggak maksimal...buka tutup atas dan bawah sekalian serpis....dari pada bolak-balik!!! ongkos bongkar atas+bawah+cat klu SUDIONO FATMAWATI 300rb dijamin 6 bulan....klu bengkel biasa 250rb...

  • Cek pompa air/waterpump adakah kebocoran...atau pompa sudah mendengung.....indicatornya lihat lubang dibawah waterpum...klu air menetes dari situ ganti.....beli ORI 335rb....GMB 175rb....klu bisa ganti pully yang berdiameter lebih kecil....pompa lebih kenceng muternya,,,,,
  • Ganti bilah kipas dgn yang lebih banyak...5 bilah punya starlet copotan paling mahal 50rb....klu ND smua bisa pakai....dan motor ganti yang lebih tinggi RPMnya....atau gulung rotor minta ntuh diatur ama tk gulung dinamo ongkosnya 125rb....termasuk serpis laennya....

  • Cek selang atas radiator dari mesin ( samping delko ) ke radiator....ntuh selang air panas dr mesin, beli 25rb. kalau udeh getas...ganti klem yang pake baut @ 3rb perak....2 buah 6rb

  • Cek selang bawah....dari radiator ke mesin...ini selang air dingin....yang udeh di tiupin kipas....dan angin lewat.....ganti selang klu getas harganya 65rb.....

  • Cek selang buntu di bawah delko....ganti sendiri aja...jangan lupa beli "T" joint dari galvanize....suka mampet ntuh....selang dia 3cm ntuh plus last dopnya ganti jika retak....beli meteran 9rb perak....water hose
  • Cek selang diameter 2cmm yang menuju karbu,,,,,mampet ganti beli meteran 6rb perak....water hose

  • Cek selang buntu ke arah inlet metal di samping blng blok.......mampet/retak ganti....
  • Cek selang buntu keselenoid di intake manipol....mampet/retak ganti
  • Cek selang plus "T" di belakang termostat...ke karbu.....mampet/retak ganti........
  • Setelah semua yakin benar dan nggak ada kebocoran test...hidupkan mesin gunakan radiator flus untuk cuci sekalian ntuh aliran airnya.......taruh selang yang dialiri dimulut radiator sambil keran mengarir.....buka tutup drain valve juka penuh sampai air dari drain valve bening.... oh ya...drain valve ntuh posisinya di bawah berbentuh baut kupu2 plasti berwarna putih.....

Kalau semua ntuh bener....Insya Allah Cooling system anda baik....dan hati tenang di bawa kemanapun.....anak2 merasa nyaman krn AC pun ikut dingin.....

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya.....