Memuat...

Senin, 30 Mei 2011

Melihat komponen Dinamo Amper


Pernah mendengar keluhan aki tidak ngisi? nah penyebab aki tidak bisa mengisi itu dikarenakan ada masalah pada dinamo amper. Dinamo amper berfungsi seperti generator penghasil tenaga listrik, prinsip kerjanya sama dengan generator listrik pada umumnya, yaitu memerlukan energi gerak yang memutar poros kemudian menghasilkan medan magnet dan energi listrik. Komponen ini bertugas menyuplai sistem kelistrikan mobil.

Mengapa mobil perlu dinamo amper?
Aki mobil adalah sumber listrik yang akan menyuplai kebutuhan kelistrikan mobil, mengapa harus tetap perlu dinamo amper? jawabnya sederhana, listrik yang ada pada aki mobil akan habis bila digunakan terlalu lama, mirip seperti batre handphone, saat batre habis maka perlu di charge ulang. Prinsipnya adalah sama tapi cara kerjanya beda. Dinamo amper akan menyuplai arus listrik pada saat mesin mobil berputar/menyala, sehingga kebutuhan kelistrikan mobil akan selalu terpenuhi secara konstan. Karenanya tidak heran untuk menggunakan daya listrik yang lebih besar pada sebuah audio mobil atau perangkat elektronik lain mesin mobil harus dinyalakan secara periodik, untuk menjaga kapasitas listrik yang ada pada aki mobil.


Beginilah penampakan dari dinamo amper toyota starlet, bentuknya mudah dikenal. Pada bagian atas terdapat puli untuk menggerakan dinamo amper lewat belt mesin.


Pembedahan sudah dilakukan terlihat banyak komponen elektrikal yang terdapat pada sebuah dinamo ampere. Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut :

Dioda-Integrated Circuit-Brush
Ketiga komponen penting itu memiliki tugasnya masing-masing. Adapun tugas dari komponen tersebut adalah :

- Dioda, komponen ini adalah komponen elektronik yang sering banyak dijumpai pada rangkaian elektronik umumnya. Fungsi dioda ini adalah penyearah arus listrik. Kenapa perlu dioda? karena generator listrik biasanya menghasilkan arus listrik bolak-balik (mirip listrik rumah), arus listrik ini tidak bisa digunakan untuk mengisi aki karena arus listrik aki dan kelistrikan mobil adalah arus DC atau arus listrik searah. Untuk mengubah arus listrik bolak-balik menjadi arus listrik searah maka diperlukan dioda, dan inilah bentuk dioda dinamo amper.

-Integrated Circuit /IC regulator dinamo ampere, Tugas alat ini adalah mengatur berapa besar arus listrik yang dibangkitkan dan disalurkan pada sistem kelistrikan mobil. Mengapa perlu IC regulator? Suplai listrik yang dihasilkan oleh sebuah dinamo ampere bervariasi tergantung kebutuhan, misalnya kebutuhan listrik untuk menyalakan lampu2, ac mobil, audio mobil, instrument mobil bahkan komputer mobil. Kebutuhan listrik mobil bervariasi oleh sebab itu IC regulator bertugas mengatur berapa besar arus listrik yang akan di suplai. Biasanya sebuah dinamo amper toyota starlet memiliki kemampuan membangkitkan atau menyuplai arus listrik antara 35 hingga 40 amper. Pada mobil era tahun 80-an dimana dinamo ampere belum menggunakan IC regulator, biasanya yang mengatur arus listrik adalah "cut out" atau sering disebut "ketot", dinamakan cut out karena memang alat ini akan memutus pembangkit listrik saat listrik pada aki sudah penuh. Kelemahan ketot ini adalah kurang akurat mengatur suplai arus listrik dan sering rusak karena mengandalkan kontak mekanis yang serign cepat aus seperti platina.

- Brush Contact, komponen ini sebetulnya adalah komponen penghantar listrik dari poros utama dinamo ampere yang terbuat dari karbon/arang. Arus listrik disalurkan ke poros dinamo ampere setelah melewati IC regulator. IC regulator ini yang menentukan berapa besar arus listrik yang akan diberikan pada poros dinamo amper, semakin besar arus yang diberikan semakin besar arus listrik yang dihasil kan oleh dinamo amper begitupun sebaliknya, disinilah peran regulator. Masalah atau kerusakan IC regulator menyebabkan tidak berfungsinya dinamo amper.



Bodi Dinamo Amper
Bodi dinamo ampere terdiri dari kumparan primer(poros dinamo amper) dan kumparan skunder (bodi dinamo amper). Arus listrik primer poros dinamo amper akan menghasilkan medan magnet yang kuat. Dan karena ada gaya putar poros dinamo amper medan magnet diubah menjadi listrik bolak-balik lewat kumparan/gulungan bodi dinamo ampere, yang selanjutnya arus listrik bolak balik ini diubah oleh dioda menjadi arus listrik searah.

Terlihat pada bodi dinamo amper terdapat kumparan sebagai pengubah listrik dari medan magnet dan gaya putar poros dinamo ampere. Pada bagian ini terdapat bantalan poros yang menjaga agar poros berputar mulus dan lancar.


Bodi Bawah Dinamo Amper
Bagian bawah bodi dinamo amper ini adalah tempat dudukan rangkaian elektronik dioda, ic regulator dan kontak karbon/arang. Pada bagian ini juga terdapa laher poros dinamo amper. Laher ini dapat rusak sesuai umur pakai komponen. Kerusakan pada laher poros dapat menyebabkan dinamo amper macet dan mengeluarkan bunyi yang keras.


Poros Dinamo Amper
Komponen ini adalah komponen putar yang digerakan oleh mesin melalui belt/fan belt tali mesin, oleh karena itu dinamo amper hanya bekerja saat mesin hidup.


Pada bagian ini terdapat kumparan primer yang diapit oleh besi yang dibentuk tertentu agar menghasilkan medan magnet dan daya listrik yang maksimal. IC regulator menyalurkan arus listrik pada kumparan poros dinamo amper secara bervariasi sesuai kebutuhan listrik mobil, semakin besar arus yang disalurkan pada kumparan primer ini maka arus listrik yang dihasilkan oleh kumparan skunder juga akan semakin kuat, begitupun sebaliknya. Misalkan kebutuhan listrik saat menghidupkan A/C,Lampu atau perangkat elektronik lain maka IC regulator akan mengalirkan arus listrik lebih besar untuk mengimbangi kebutuhan kelistrikan mobil.



Poros dinamo ampere ini terdiri dari kumparan/gulungan kawat tembaga yang sangat halus dengan jumlah gulungan sangat banyak. Korosi atau karat dapat menyebabkan kumparan rusak dan terganggu sehingga dinamo ampere tidak bisa bekerja maksimal atau bahkan tidak mampu membangkitkan arus listrik.

Dinamo amper menghasilkan panas tinggi saat bekerja, oleh karena itu ventilasi bodi dinamo ampere dibuat lebih banyak dan lebih besar untuk mengusir panas, akan tetapi efeknya kotoran dan air mudah masuk, dan inilah musuh utama dinamo ampere. Bila dinamo amper sering terkena kotoran atau air biasanya umur dinamo amper lebih pendek. Letak dinamo ampere yang berada dibawah diperlukan penutup mesin atau dek mesin agar kotoran tidak dapan masuk ke bagian dalam bodi dinamo amper.

Kerusakan yang sering terjadi pada dinamo amper:
- IC regulator jebol/rusak
- Dioda jebol/rusak
- Brush/Kontak karbon aus
- Laher bodi dinamo amper rusak/pecah
- Gulungan primer poros dinamo amper rusak/putus.
- Gulungan skunder bodi dinamo amper terbakar.

Salah satu indikator bila dinamo amper mengalami masalah adalah lampu yang berlambang aki mobil menyala saat mesin hidup. Lampu hidup dikarenakan kelistrikan mobil tidak mendapatkan suplai listrik dari dinamo amper, bila dibiarkan dapat membuat mesin mati tiba-tiba.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya.....

Baca Juga Artikel Ini