Selasa, 12 April 2011

IP (Ingress Protection)

IP (Ingress Protection)
adalah singkatan dari Ingress Protection yaitu rating enclosure yg menunjukkan seberapa baik suatu enclosure bisa menahan masuknya benda luar yg bisa terdiri dari benda solid maupun liquid.
IP Terdiri dari 2 angka misalnya IP54, IP55, IP65 dst...

Angka pertama menunjukkan ketahanan terhadap masuknya benda solid dan angka kedua menunjukkan ketahanan terhadap masuknya liquid. Semakin tinggi angkanya maka semakin baik daya tahan enclosure tsb menahan masuknya benda luar.
Sebagai contoh:
IP65: angka 6 menunjukkan peralatan kedap terhadap debu (dust tight), dan angka 5 menunjukkan peralatan kedap terhadap semprotan air (water jets).
Mengenai Table lengkapnya bisa di download di migas indonesia KBK Instrument di Hazardous Area Classification (saya lupa link nya, coba dicari saja di tabel2 hazardous area class).
Pengetesan dilakukan oleh masing2 manufacturer misalnya kalau IP65 misalnya enclosure disemprot dengan jet water dan dicheck apakah enclosure/boxnya kemasukan air atau tidak. Prosedure lengkapnya saya kira ada di standard2 IEC (standard eropah). Jadi dalam kasus motor maka motor box nya disemprot dengan air dan di check apakah didalam box tempat koneksi kabel terkena air atau short.
Untuk standard amerika equivalennya adalah NEMA standard yg juga menggunakan angka untuk menunjukkan tingkat ketahanan suatu enclosure terhadap kondisi dari luar. Misalnya NEMA 1 untuk peralatan indoor, NEMA 4 untuk outdoor, NEMA4X untuk lingkungan korosive, dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya.....