Kamis, 23 Juni 2011

The First Fossil Hunters: Paleontology in Greek and Roman Times



Griffin, centaurus, cyclop, dan raksasa – makhluk-makhluk yang luar biasa dari mitologi klasik terus hidup dalam imajinasi modern melalui kisah-kisah dalam legenda Yunani dan Romawi kuno. Tapi bagaimana kalau makhluk ini lebih dari sekedar fiksi? Bagaimana jika makhluk-makhluk mengerikan itu benar-benar pernah menjelajahi bumi di tempat-tempat legenda tentang mereka muncul? Inilah tesis orisinal Adrienne Mayor dalam mengeksplorasi The First Fossil Hunters. Melalui penelitian dokumentasi yang cermat dan teliti, dia menunjukkan bahwa banyak dari para raksasa dan monster mitos memang memiliki dasar fakta – pada tulang besar spesies yang telah punah yang dulu berlimpah di Yunani dan Romawi.
Seperti yang ditunjukkan Mayor, orang Yunani dan Romawi sadar betul bahwa jenis makhluk yang berbeda pernah menghuni tanah mereka. Mereka sering menjumpai tulang-tulang fosil makhluk purba, untuk kemudian mengembangkan konsep yang canggih untuk menjelaskan bukti tentang fosil, konsep-konsep yang disajikan dalam cerita-cerita mitologis. Legenda griffin menjaga emas, misalnya, muncul dari kisah pertama dikemukakan oleh para penambang emas Scythian, yang, melewati Gurun Gobi di kaki Pegunungan Altai, menemukan kerangka Protoceratop dan dinosaurus lain.
Seperti rekan-rekan modern mereka, para pemburu fosil kuno mengumpulkan dan mengukur tulang-tulang yang telah membatu dan menampilkannya di kuil-kuil dan museum, serta berusaha untuk merekonstruksi munculnya makhluk-makhluk prasejarah berikut penyebab kepunahannya.
PenulisAdrienne Mayor
Format : Adobe Reader (pdf)
disarankan untuk menginstal Adobe Reader versi terbaru
Bahasa : English

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya.....

Baca Juga Artikel Ini