Kamis, 17 Maret 2011

PROSES BELAJAR DI AL AZHAR

PROSES BELAJAR DI AL AZHAR

1.Proses belajar di al-azhar memang agak unik kalau dibandingkan dengan univ-univ lainnya, seperti dial-azhar tidak ada sistem absensi di S1, administrasi yang masih ‘tradisional’ dalam artian belum terlalu memanfaatkan kecanggihan teknologi secara maksimal, kalau al-azhar boleh berbangga, maka itu adalah karena al-Qur’an dan ilmu, itu saja. Di luar itu saya tidak bisa menjamin anda bisa betah lama-lama di al-azhar.

2. Lingkungan yang sudah menyamai dunia barat, saya kira belum bisa dikatakan begitu ya, hanya saja dalam beberapa tahun terakhir mungkin memang kondisi mesir cepat sekali berubah ke arah sana, seperti perilaku pemuda & pemudi..namunpun demikian masih banyak hal-hal positif dan islami khususnya yang belum terkikis di sana..itu mungkin karena Mesir memang dari dulu terkenal sebagai pusat peradaban dunia tertua, dan sepertinya memang sampai saat ini peran itu masih berjalan khususnya bagi dunia arab dan islam, Mesir adalah negara yang terbuka bagi beragam etnis, agama, dan corak pemikiran. Anda akan sangat puas berjalan-jalan di Mesir jika anda adalah pencinta buku dan ilmu…hehehe…ini satu alasan yang selalu saya sesalkan mengapa harus meninggalkan Mesir dan belum bisa kembali kesana.
O iya, mungkin ketika menilai Mesir kita harus membedakan antara sikap pemerintah dengan sikap masyarakat Mesir, khususnya jika berkaitan dengan masalah-masalah keislaman. Masyarakat Mesir sendiri tidak sedikit yang tidak sependapat dengan kebijakan-kebijakan pemerintahnya.
Cobalah ke Mesir, anda akan mendapatkan dunia yang lain…hehehe..promosi..
3. wah kalau kegiatan…banyak sekali ya..mau bikin jadwal saya juga bingung nih mau mulai dari mana..karna itu kan sama aja saya cerita tentang kehidupan di mesir, bisa jadi satu buku ntar..hehehe:) gini aja, coba anda kunjungi situs http://www.ppmimesir.info (situs persatuan pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir), atau situs sinaimesir.com, lal di sana anda bisa diskusi dengan teman-teman di Mesir…gmn, stuju?
Tapi secara umum kegiatan mahasiswa di Mesir, yang jelas kuliah ya,lalu kegiatan-kegiatan keilmuan, seperti kajian-kajian, diskusi-diskusi, dialog, talaqqi, tahfiz al-qur’an, dsb, lalu kegiatan olah raga, seni, hmm..jurnalistik juga rame tuh di kairo..ya ga’ jauh-jauh beda juga lah dengan di indonesia, karna mahasiswa kita di kairo juga beragam.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya.....

Baca Juga Artikel Ini